Peningkatan Daya Saing, Fakultas Farmasi Mengadakan Workshop Nanoteknologi

05 May 2017 by Berita Farmasi 272 Views

Purwokerto, 3 Mei 2017 | Penggunaan nanoteknologi di era global saat ini sudah banyak dikembangkan dan digunakan produknya.  Nanoteknologi sendiri banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang salah satunya di bidang farmasi.  Oleh karena itu fakultas farmasi UMP bekerja sama dengan PT Hilab scincetama pada hari rabu tanggal 3 Mei 2017 bertempat di ruang O.2.1 mengadakan workshop yang bertemakan “Penggunaan Instrumen Particle Size Analyzer Untuk Sampel Nanomaterial”.  Workshop yang dibuka oleh dekan fakultas farmasi UMP Dr. Agus Siswanto, M.Si.,Apt ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan akademisi farmasi saja namun dari akademisi berbagai lini keilmuan seperti teknik kimia, biologi, ilmu kesehatan dan pertanian turut hadir.
 
Dalam workshop ini  dibagi menjadi dua sesi.  Sesi pertamaa adalah  pendahuluan materi yang diisi oleh dua narasumber.  Ika Yuni Astuti, M.Si., Apt sebagai narasumber pertama, memaparkan mengenai nanomaterial.  Menurut Ika Yuni Astuti, M.Si., Apt salah satu manfaat penggunaan nanoteknologi khususnya dalam bidang farmasi adalah meningkatkan bioavailabilitas sehingga didapatkan recovery yang lebih cepat. Narasumber kedua Eddy S.T yang memaparkan materi mengenai cara kerja alat instrumen Particle Size Analyzer untuk pengukuran nanomaterial.
 
Sesi kedua adalah workshop. Dalam sesi workshop yang dipimpin oleh Ika Yuni Astuti, M.Si., Apt peserta diberi kesempatan preparasi sampel nano dan melakukan pengukuran serta interpretasi hasil PSA. Tujuan dari workshop ini adalah menambah wawasan mengenai nanoteknologi dan memperkenalkan prinsip dari pengukuran nanomaterial dengan menggunakan instrumen particle size analyzer (PSA) serta memberikan kesempatan untuk peserta melakukan preparasi sample dengan nanoteknologi, pengukuran dan interpretasi hasil PSA.  Pengalaman yang didapat dari workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru di bidang nanoteknologi.
 
Rate this item
(0 votes)