Ubah Limbah Menjadi Masker Peel Off, Mahasiswa Farmasi Lolos PKMP Kemenristek Dikti 2017

03 July 2017 by Berita Farmasi 176 Views

Andi Nurul Annisa mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto bersama timnya Nisya Amalia, Tyas Addina Khaerunnisa,  Maya Amalia, dan Irfan Nugraha beserta dosen pembimbing Erza Genatrika, M.Sc.,Apt menggagas inovasi baru berupa masker peel off dalam mengatasi penuaan dini dengan memanfaatkan kombinasi kedua limbah tersebut. Tidak dipungkiri bahwa proses penuaan merupakan momok khususnya bagi kaum hawa yang tidak dapat dihindari. Penuaan pada kulit bahkan sudah dimulai sejak usia 20 tahun, sehingga dikenal dengan sebutan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan pada wajah dapat berupa garis halus di sekitar hidung dan mulut adanya noda hitam serta keriput. Hal ini dapat dipicu oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat dipicu dari dalam tubuh dan faktor eksternal seperti paparan sinar UV, polusi, asap rokok, asap kendaraan. Kedua faktor tersebut yang dapat menghambat impian wanita saat ini untuk memiliki kulit halus dan kencang.

Namun, siapa sangka ampas daun teh dan air cucian beras yang dianggap sebagai limbah, saat ini dapat digunakan sebagai masker anti-aging  pada kulit wajah. Berdasarkan penelitian terdahulu dan pengalaman empiris ampas daun teh telah banyak digunakan sebagai perawatan kecantikan. Kandungan Katekin, Polifenol  Total dan Flavanoid Total masih terdapat di dalam ampas daun teh. Sedangkan pada air cucian beras mengandung gamma oryzanol dan alfatokoferol saat ini masih dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Gagasan tersebut berhasil mendapat pendanaan dari Kemristekdikti pada ajang Program Kreatifvitas Mahasiswa (PKM) di bidang Penelitian pada tahun 2017. Penelitian CAMORYS saat ini telah mencapai tahap produk masker  wajah peel off dan melewati tahapan prosedur penelitian yang telah diajukan. Selanjutnya tim akan melakukan uji stabilitas sediaan masker wajah peel off CAMORYS  selama 28 hari dan uji antioksidan dalam sediaan masker wajah peel off. Harapan berikutnya adalah selain CAMORYS memiliki kandungan anti aging dari ampas daun teh dan air cucian beras, CAMORYS juga dapat dilakukan uji praklinik sehingga dapat dipasarkan pada industri kosmetik.

 
Rate this item
(1 Vote)