Alumni Profesi Apoteker UMP Cetak Apoteker Profesional

30 September 2017 by Berita Farmasi 76 Views

Komitemen terhadap sebuah profesi menjadi keharusan bagi setiap individu. Pasca prosesi Wisuda 59 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah mencetak generasi yang profesional di berbagai profesi. Salah satu upaya untuk mengukuhkan profesi tersebut, UMP melalui Program Studi Profesi Apoteker pada 28 September 2017 menyelenggarakan penembilan Sumpah Apoteker Angkatan XXV di Java Heritage Hotel Purwokerto. Turut hadir Rektor UMP Dr. H Syamsuhadi Irsyad, M.H., Dekan Fakultas Farmasi Dr. Agus Siswanto, M.Si., Apt., Ketua Prodi Profesi Apoteker Dr. Nunuk Aries Nurulita, M. Si., Apt., Anggota Komite Farmasi Nasional Drs. Bambang Triwara Sp. Frs. Apt., Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Banyumas dan Para Rohaniawan.

Sebanyak 115 apoteker dengan lantang mengucapkan sumpah Profesi Apoteker yang dipimpin oleh Rohaniawan Islam M. Muamar Lc., dan Rohaniawan Kristen Pdt Sthepanus Liem S. Pada kesempatan ini, Kaprodi Profesi Apoteker menyampaikan bahwa syarat calon apoteker untuk mengikuti sumpah apoteker harus dinyatakan lulus sertifikasi apoteker di Prodi Profesi Apoteker UMP dan lulus ujian kompetensi apoteker secara Nasional. Secara keseluruhan calon apoteker angkatan XXV mengalami peningkatan kuantitas lulusan secara Nasional dari dari angkatan sebelumnya. Ia juga berharap, angkatan selanjutnya kuantitas lulusan  mencapai 100%.

Sedangkan secara kualitas, pihak Prodi Profesi Apoteker telah memberlakukan syarat untuk lulus Profesi Apoteker minimal memiliki IPK 3.00. Hal ini supaya alumni profesi Apoteker UMP memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk melalukan praktik baik di bidang kefarmasian.  “Alumni kami sudah tersebar di seluruh bidang kefarmasian, seperti di bidang Industri, Dinas Kesehatan, dan Lembaga Pendidikan sebagai Tenaga Pendidik,” tambah Nunuk. Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Farmasi menyampaikan bahwa alumni profesi apoteker UMP mampu menjadi profesional yang handal di bidang kefarmasian. Praktik baik di bidang farmasi harus menjadi prioritas dalam melaksanakan profesi tersebut. Sejalan dengan itu, Anggota Komite Nasional Farmasi, menyebutkan bahwa profesi apoteker membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni di bidang farmasi. Alumni profesi apoteker UMP telah menyiapkan apoteker yang profesional.

 Ratri Rokhani peraih IPK tertinggi 3.97 mengatakan, pencapaian prestasi Alumni Profesi Apoteker Angkatan XXV UMP merupakan hasil kerja keras selama menempuh pendidikan. Sinergitas civitas akademik di program studi ini mampu menjadikan apoteker handal dan profesional. “Suatu kebanggaan dapat terlibat di Program Profesi Apoteker UMP karena tidak mudah untuk dapat bergabung dan menyelesaikan profesi apoteker,” kata Ratri. (Sls)
Rate this item
(0 votes)