Farmasi UMP

Farmasi UMP

Ubah Limbah Menjadi Masker Peel Off, Mahasiswa Farmasi Lolos PKMP Kemenristek Dikti 2017


Andi Nurul Annisa mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto bersama timnya Nisya Amalia, Tyas Addina Khaerunnisa,  Maya Amalia, dan Irfan Nugraha beserta dosen pembimbing Erza Genatrika, M.Sc.,Apt menggagas inovasi baru berupa masker peel off dalam mengatasi penuaan dini dengan memanfaatkan kombinasi kedua limbah tersebut. Tidak dipungkiri bahwa proses penuaan merupakan momok khususnya bagi kaum hawa yang tidak dapat dihindari. Penuaan pada kulit bahkan sudah dimulai sejak usia 20 tahun, sehingga dikenal dengan sebutan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan pada wajah dapat berupa garis halus di sekitar hidung dan mulut adanya noda hitam serta keriput. Hal ini dapat dipicu oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat dipicu dari dalam tubuh dan faktor eksternal seperti paparan sinar UV, polusi, asap rokok, asap kendaraan. Kedua faktor tersebut yang dapat menghambat impian wanita saat ini untuk memiliki kulit halus dan kencang.

Namun, siapa sangka ampas daun teh dan air cucian beras yang dianggap sebagai limbah, saat ini dapat digunakan sebagai masker anti-aging  pada kulit wajah. Berdasarkan penelitian terdahulu dan pengalaman empiris ampas daun teh telah banyak digunakan sebagai perawatan kecantikan. Kandungan Katekin, Polifenol  Total dan Flavanoid Total masih terdapat di dalam ampas daun teh. Sedangkan pada air cucian beras mengandung gamma oryzanol dan alfatokoferol saat ini masih dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Gagasan tersebut berhasil mendapat pendanaan dari Kemristekdikti pada ajang Program Kreatifvitas Mahasiswa (PKM) di bidang Penelitian pada tahun 2017. Penelitian CAMORYS saat ini telah mencapai tahap produk masker  wajah peel off dan melewati tahapan prosedur penelitian yang telah diajukan. Selanjutnya tim akan melakukan uji stabilitas sediaan masker wajah peel off CAMORYS  selama 28 hari dan uji antioksidan dalam sediaan masker wajah peel off. Harapan berikutnya adalah selain CAMORYS memiliki kandungan anti aging dari ampas daun teh dan air cucian beras, CAMORYS juga dapat dilakukan uji praklinik sehingga dapat dipasarkan pada industri kosmetik.

 

Milad ke-17 Farmasi UMP ditutup dengan Kemeriahan Pharmastival


Purwokerto, 13 Mei 2017. BEM Fakultas Farmasi menyelenggarakan Pharmastival 17th dengan tema "Let's Make The Sweetest History in Sweet 17th Pharmastival" di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Acara yang diketuai oleh Aditya Yuliandaru merupakan event untuk memperingati milad Fakultas Farmasi ke 17 serta sebagai ajang silaturahmi seluruh warga fakultas farmasi, menyeimbangkan antara kegiatan akademik dengan kreatifitas yang dimiliki mahasiswa dengan menunjukan bakat-bakat yang dimiliki mahasiswa dan merekatkan hubungan dari setiap mahasiswa dimasing-masing kelasnya. Acara ini didukung oleh Tapp Market, LC (Larecost), dan Apotek Kimia Farma Purwokerto. Acara dimulai pada pukul 19.30 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan penampilan dosen, penampilan mahasiswa dari masing-masing kelas, Melodyne,Padus Farmasi, Decavoice kemudian  pembacaan Pemenang Pharma Award . Pharma Award ini bertujuan  sebagai tanda penghargaan kepada dosen maupun mahasiswa  yang telah berkontribusi pada fakultas atau telah memberikan warna di fakultas farmasi pada tahun ini. Nominasi dari pharma award telah melalui seleksi dari dosen dan Pemenang  ditentukan oleh  polling pada seluruh mahasiswa farmasi , dan didapat hasilnya adalah :
  • Dosen paling menginspirasi : Ibu Dr.Nunuk Aries Nurulita, M.Sc.,Apt
  • Dosen terfavorit : Ibu Dr.Asmiyenti Djalilasrin Djalil, S.Si,.M.Si
  • Outstanding student : Ahmad Fajri
  • Asprak terbaik : Randika
  • Asprak tertegas : Euis Aisyah
  • Tersohib : Randika - Danu
Setelah itu penyerahan simbolis kepada pemenang lomba serangkaian pharmastival (Porsi, LCC, dan Pharmacinema) dengan hasil juara sebagai berikut :

Lomba PORSI :
  • Juara 1 putra : Apoteker
  • Juara 2 putra : Kelas 2A
  • Juara 1 putri  : Kelas 6C
  • Juara 2 putri  : Kelas 6B
  • Top score putra : Aditya Wijaya
  • Top score putri  : Farida Romandhani
  • Supporter terheboh : Kelas 2A
Lomba LCC
  • Juara 1 : Team C kelas 6C
  • Juara 2  : Team A kelas 6B
  • Juara 3 : Team B kelas 6B
Juara Pharmacinema
  • Juara 1 : Kelas 4A
  • Juara 2 : Kelas 2A
Antusiasme dari mahasiswa sangat terlihat pada acara ini, dibuktikan dengan kemeriahan mahasiswa yang hadir serta stand-stand makanan dan minuman yang turut meramaikan. Acara diakhiri setelah penampilan pentutup dari seluruh panitia Pharmastival 17.
 


Mahasiswa Fakultas Farmasi tak henti-hentinya Menorehkan Prestasi

Sunday, 7 May 2017 Mahasiswa Fakultas Farmasi kembali memperoleh kemenangan di acara "The 5th TOEFL BATTLE" yang di adakan oleh Language Development Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ini merupakan acara rutin yang di adakan oleh LDC UMP untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing yang sesuai dengan visi UMP "Start Here Go Anywere" supaya meningkatkan daya saing mahasiswanya. Pada kali ini mahasiswa Fakultas Farmasi mampu menunjukan taringnya dengan merebut peringkat 1 & 2 dalam kategori "Non-English Department", ini membuktikan bahawa mahasiswa Farmasi salah satu kompetitor berat. Mari kita tunggu Gelar Juara apalagi yang akan di raih selanjutnya.

Lomba Cerdas Cermat Pharmapion 2017 dalam Rangka Milad FF UMP


Purwokerto, 30 April 2017. “Yuk, Kenali penyakit degeneratif Sejak Dini” adalah tema lomba cerdas cermat Pharmapion yang diangkat pada rangkaian acara dalam rangka Milad Fakultas Farmasi UMP. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai penyakit degeratif sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dilaksanakan pada Hari Minggu, 30 April 2017 di Ruang K.8 Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang di ketuai oleh Reza Aditya Al Iman mahasiswa farmasi semester 4. Lomba Cerdas Cermat Pharmapion ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu Babak penyisihan, babak semi final dan babak final. Kegiatan kali ini diikuti oleh 11 team yang terdiri dari semua angkatan mahasiswa farmasi universitas Muhammadiyah Purwokerto yang tiap teamnya terdiri dari 3 orang. Babak semi final di ikuti oleh 5 team yang lolos babak penyisihan. Team yang lolos pada babak semi final selanjutnya berkompetisi pada babak final.

Babak final di ikuti oleh 3 team. Babak final kali ini dilakukan dengan mekanisme debat dimana terdapat 2 team. Team A sebagai team pro dan team B sebagai team kontra dengan mosi :
  1. Penggunaan antihipertensi yang rasional sudah dapat membantu mengurangi morbiditasdiabetes mellitus dengan resiko gagal ginjal.
  2. Pasien DM lansia memerlukan antiemetik sebagai terapi medikamentosa
  3. Gerakan cerdik dan patuh dapat diterapkan dalam kepatuhan pasien DM lansia.
Juri pada babak final kali ini yaitu bapak Much Illham N Aji Wibowo.,S.Farm.,M.P.H.,Apt dan Ibu Arini Syarifah, M.Si. Juara pertama  pada LCC Pharmapion 2017 yaitu team C (kelas VI C) , juara ke dua yaitu Team A (kelas VI B) dan juara ke tiga yaitu team VI B (Kelas VI B) dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada Malam puncak Pharmastival yang akan di laksanakan pada tanggal 15 Mei 2017.
 
Page 1 of 8