Berita
Scientific Meeting: Diskusi Ilmiah Dosen Farmasi
Kamis 2 Juli 2020      Berita
Scientific Meeting: Diskusi Ilmiah Dosen Farmasi

Alhamdulillah telah dilaksanakan acara diskusi ilmiah scientific meeting sebanyak dua kali di Fakultas Farmasi, UMP. Acara bertajuk scientific meeting ini merupakan acara dengan konsep mini seminar ilmiah internal secara berkala yang diikuti oleh seluruh dosen fakultas farmasi. Dalam acara ini dosen-dosen di fakultas farmasi diberikan kesempatan secara bergiliran untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan kepada rekan dosen lainnya setiap hari Selasa pada minggu ke 2 dan ke 4 setiap bulannya. Masing-masing pertemuan diisi dengan presentasi penelitian oleh 2 orang dosen.

Scientific meetingyang pertama yang telah diadakan pada tanggal 9 Juni  2020 diisi oleh apt. Hidayah Anisa Fitri., S.Farm. M.Pharm Sci. dan apt. Fitriyani., S.Farm., M.Farm. Topik yang dipresentasikan mengenai aktifitas penangkapan radikal bebas dari daun ubi ungu dan profil komputasi kimia aktifitasnya; serta kimia komputasi untuk mendesain suatu antibody yang diindikasikan untuk terapai kanker payudara HER-3 positif. 

Sedangkan Scientific meeting yang kedua yang telah diadakan pada tanggal 23 Juni 2020 diisi oleh topik farmakologi yang dibawakan oleh apt. Ika Nurzijah., S.Farm., M.Sc. dan apt. Lailiana Garna N., S.Farm., M.Pharm.Sci. Topik pertama yang dibawakan adalah yaitu penelitian mengenai pembuatan vaksin berbasis tanaman untuk Newcastle Disease Virus (NDV) dan uji ex ovo ekstrak daun awar-awar untuk aktifitas antiangiogenesis.

Pelaksanaan acara scientific meeting secara berkala ini bertujuan agar suasana ilmiah di fakultas farmasi dapat selalu dirasakan di sela-sela kesibukan dosen melaksanakan kegiatan dalam bidang pengajaran, struktural, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Selain itu diharapkan dengan adanya diskusi ilmiah ini, dosen-dosen di fakultas farmasi dapat saling memotivasi, menginspirasi, berbagi ilmu dan informasi , serta dapat  memperluas wawasan dalam bidang penelitian terutama yang berhubungan dengan ilmu farmasi.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini