Berita
Motivasi Kiat Belajar Bahasa Inggris dari Fiki Naki
Kamis 4 Agustus 2022      Berita
Motivasi Kiat Belajar Bahasa Inggris dari Fiki Naki

Motivasi Kiat Belajar Bahasa Inggris dari Fiki Naki 

Kita semua pasti tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dengan kata lain, bahasa Inggris menjadi bahasa penghubung antar satu negara dengan negara lainnya. Selain sebagai media komunikasi, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa pengantar teknologi.    Di era globalisasi seperti sekarang, bahasa Inggris sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menemukan bahasa Inggris dalam berbagai bentuk di internet, mulai dari film, game, berbagai situs web, hingga konten YouTube.

Evolution2022 (English Enrichment Student Inauguration) adalah agenda yang diselenggarakan pihak LDC (Language Development Center) UMP dengan menghadirkan pembicara Youtuber Polyglot (sebutan bagi orang yang menguasai beberapa bahasa), yakni Fiki Naki dalam mengajarkan bagaimana cara belajar berbahasa asing dalam waktu singkat dan dapat menambah teman dari berbagai negara.

Agenda yang diselenggarakan pada Rabu, 20 Juli 2022 di Auditorium Ukhwah Islamiyah Kampus I Ahmad Dahlan UMP secara langsung disiarkan pada akun youtube channel UMP TV. Dalamacara tersebut Youtuber Fenomenal tersebut tidak sendiri menyampaikan materinya, melainkan didampingi juga oleh pemateri Dosen Fakultas Farmasi UMP Ibu apt. Githa Fungie Galitiani, M.Scyang juga membahas terkait Bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris memang tidak mudah. Kata-kata tidak mudah tersebut yang seringkali mematahkan semangat anak-anak muda untuk mampu belajar dengan konsisten. Selain faktor “sulit”, masih ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan orang-orang malas untuk belajar. Tidak adanya waktu, guru yang tidak asik, letih, dan rasa malas seringkali menjadi hal-hal penurun semangat belajar. Motivasi belajar seringkali tidak mampu datang karena kondisi yang benar-benar membosankan.

Fiki Naki juga sependapat, pada dasarnya setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda-beda dalam belajar bahasa asing. Tapi tujuan yang berbeda itu pada akhirnya akan bermuara pada satu prinsip tujuan, yaitu ingin menguasai bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional. Dalam proses mempelajari bahasa asing, Fiki mengakui ia pernah mengalami kejenuhan. Ia yakin hal itu juga dirasakan oleh setiap orang. "Kalau mengalami seperti itu, ya istirahat dulu kasihan juga dengan kesehatan mentalnya kalau dipaksa terus. Setelah itu, dilanjutkan lagi," katanya.

Menurut Dosen Fakultas Farmasi UMP,apt. Githa Fungie Galitiani, M.Sc.,Dalam berkomunikasi, eye contact itu sangat beperan dalam membangun rasa kepercayaan atau trust. Pada saat kita berkomunikasi dengan seseorang dan kalian bisa menatap matanya , lawan bicara kita akan  merasa lebih nyaman dan terbuka dalam berkomunikasi. “Memang melakukan eye contact itu merupakan salah satu cara komunikasi yangbaik walaupun agak bikin grogi, akan tetapi kita juga akan mendapatkan lebih makna yang disampaikan oleh lawan berbicara dalam komunikasi” tutupnya.

Kegiatan menghadirkan Fiki Naki sebagai bagian penting untuk mengarahkan mahasiswa dapat berkompetisi di dunia internasional.Seperti kita ketahui bahwa kampus UMP mempunyai visi internasionalisasi. Sehingga sejak dini, mahasiswa diperkenalkan dengan bahasa asing.ParamahasiswaUMP diharapkan tidak hanya belajar diareaakademik saja, tetapi para mahasiswanya wajib mengikuti training atau pelatihan belajar berbahasa inggris untuk melatih soft-skill, sehingga tidak ada mahasiswa UMPyang tidak hanya pintar diakademik saja tetapi akan berani berkomunikasi kepada banyak orang di tingkat nasional dan terutama pada tingkat internasional.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini