Berita
Scientific Meeting #3: Penelitian Terkini Bidang Kimia Farmasi dan Bidang Biologi Farmasi
Senin 3 Agustus 2020      Berita
Scientific Meeting #3: Penelitian Terkini Bidang Kimia Farmasi dan Bidang Biologi Farmasi

Selasa, tanggal 14 Juli 2020, Fakultas Farmasi UMP mengadakan agenda rutin yaitu Scientific Meeting ketiga, yang merupakan forum ilmiah internal bagi para dosen di lingkungan Fakultas Farmasi UMP. Pada acara ini, Apt. Suparman M.Sc. dan Dr. apt. Diniatik, M.Sc. hadir sebagai pemateri.

 

Apt. Suparman M.Sc. merupakan dosen dari Bidang Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi UMP. Saat ini beliau sedang menempuh Program Doktoral di Thailand. Dalam acara ini beliau memaparkan materi yang berjudul “Capillary Electrophoresis, metode yang murah untuk analisis senyawa obat”. Elektroforesis yang biasa digunakan untuk pemisahan asam amino serta protein yang merupakan molekul berukuran besar, beliau kembangkan menjadi metode yang dapat diaplikasikan dalam pemisahan senyawa obat. Menurut beliau, Capillary Electrophoresis ini sangat murah karena hanya memerlukan buffer dengan jumlah yang sangat sedikit dan waktu pemisahan yang cepat sehingga sangat efektif. Capillary Electrophoresis ini juga dapat dikembangkan untuk melakukan pemisahan senyawa kiral, dimana senyawa-senyawa kiral ini memiliki sifat fisikokimia yang sangat mirip sehingga sulit untuk terpisahkan.

Pemateri berikutnya yaitu Dr. apt. Diniatik, M.Sc. yang merupakan dosen dari Bidang Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi UMP. Dalam acara ini, beliau memaparkan materi yang berjudul “Potensi Manggis (Garcinia mangostana) sebagai pengawet alami”. Beliau sudah memulai penelitian tentang manggis ini dari tahun 2010 sehingga beliau sudah menghasilkan berbagai artikel ilmiah yang dipublikasikan baik di jurnal nasional maupun internasional. Salah satu penelitiannya yang sangat menarik yaitu ekstrak daun manggis sebagai pengawet dalam pembuatan gula aren, yang saat ini sedang diajukan paten. Tidak hanya itu, ekstrak daun manggis juga beliau kembangkan menjadi spray untuk diaplikasikan sebagai pengawet buah-buahan, dan ini juga sedang diajukan hak patennya.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait