Berita
PC IAI Banyumas Menggandeng Fakultas Farmasi UMP Dalam Penyelenggaran Rakercab dan Webinar
Senin 3 Agustus 2020      Berita
PC IAI Banyumas Menggandeng Fakultas Farmasi UMP Dalam Penyelenggaran Rakercab dan Webinar

PC IAI Banyumas bekerja sama dengan Fakultas Farmasi UMP dalam penyelenggaraan webinar dan rapat kerja cabang (Rakercab) tahun 2020 pada tanggal 25 Juli 2020.  Tema yang diusung dalam webinar ini adalah mengenai “Peran Strategis Apoteker Dalam Menghadapi Era New Normal”.  Webinar kali ini disiarkan melalui zoom dan youtube chanel Fakultas Farmasi dan diisi oleh beberapa pembicara.  Materi pertama disampaikan oleh apt. Heny Ekowati, M.Sc., Ph.D yang menyampaikan materi tentang Herd Immunity Dan New Normal Implikasi Social Budaya Ekonomi.  “Membiarkan herd immunity sebelum vaksinasi ditemukan bukan keputusan yang tepat.  Pembatasan jarak fisik, pemakaian masker dan mencuci tangan serta hidup bersih dan sehat tetap menjadi solusi yang utama sebelum vaksin ditemukan,” ujar apt. Heny Ekowatiyang juga merupakan dosen program studi farmasi UNSOED.

 

Materi yang kedua diisi oleh spesialis menejemen farmasi, apt. M. Dani Pratomo, M.M. apt Dani menjelaskan mengenai Peran Strategis Apoteker di era Next Normal.  “Apoteker perlu menyiapkan strategi pelayanan kefarmasian baik offline dan online di era Next normal antara lain  mengoptimalkan community care yang terkait dengan healthy ageing, mengembangkan aplikasi digital untuk membantu praktek apoteker dan tetap produktif meski  harus work form home,” kata apt. Dani

Materi yang ketiga diisi oleh spesialis farmasi komunitas, apt. Dra. Leony Julietta,  menyampaikan mengenai Praktek Apoteker Komunitas Di Masa New Normal. 

“Peran apoteker sangat besar untuk edukasi masyarakat di tengah simpang siur dan kepanikan masyarkat di masa pandemi Covid-19.  Apoteker bisa menggunakan media elektronik untuk melakukan pelayanan informasi obat.  Jika ada yang memerlukan konseling secara langsung bisa difasilitasi dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan ,” ujar apt. Leony.

(red: an)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini