Berita
Penyuluhan Kesehatan dan Cek Kesehatan Gratis IMM Komisariat Farmasi Tahun 2021
Senin 3 Mei 2021      Berita
Penyuluhan Kesehatan dan Cek Kesehatan Gratis IMM Komisariat Farmasi Tahun 2021

Kader IMM Komisariat Farmasi dan Tim Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sabtu, 01 Mei 2021

 

Purwokerto, Sabtu, 01/05/2021. IMM Komisariat Farmasi menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan dengan tema "Hindari Diabetes dan Hipertensi Sejak Dini Guna Mewujudkan Hidup Sehat". Adapun target Penyuluhan kesehatan tersebut yaitu lansia usia 50-60 tahun yang bertempat tinggal di Karangklesem, Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai hidup sehat dengan cara mendorong perilaku masyarakat baik itu secara individu ataupun kelompok dengan cara menyampaikan pesan dan dengan adanya Penyuluhan Kesehatan dapat membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat.

“Kegiatan Penyuluhan Kesehatan ini bertujuan untuk mendorong dan memberikan kesadaran terhadap warga akan pentingnya pola hidup sehat. Selain materi kami juga mengadakan cek kesehatan gratis seperti cek gula darah, cek tensi, dan menimbang berat badan, dengan cek kesehatan ini diharapkan bapak ibu lebih peduli akan kesehatan. Di akhir acara kami juga membagikan sembako yang mana sembako ini didapatkan dari sejumlah donatur” ujar Rezha Setya Pratama selaku ketua pelaksana kegiatan, Sabtu, (01/05/2021)

Cek kesehatan gratis oleh Tim Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sabtu, 01 Mei 2021

 

Penyuluhan Kesehatan merupakan salah satu proker Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (SPM) IMM Komisariat Farmasi periode 2020-2021 yang telah dilaksanakan bertempat di PSDK (Pusat Studi Dakwah Komunitas) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB yang dihadiri oleh BEM Fakultas Farmasi, DPM Fakultas Farmasi, Koordinator Komisariat IMM UMP serta pimpinan PSDK UMP yang sekaligus membuka kegiatan ini. Acara selanjutnya yaitu materi yang disampaikan oleh dr. Susiyadi, S. An. dengan tema "Hindari Diabetes dan Hipertensi Sejak Dini Guna Mewujudkan Hidup Sehat" yang dilanjutkan dengan cek kesehatan kepada seluruh warga yang hadir, diantaranya ada cek berat badan, cek tensi, dan cek gula darah. Kemudian di akhir kegiatan ada pembagian sembako yang terdiri dari beras, minyak, gula, teh dan mie instan yang berikan oleh sejumlah donatur dengan total nominal Rp. 1.402.500,-

Dalam sambutan pembukaan acara tersebut, Ketua Umum IMM Komisariat Farmasi, Febian Nur Arifin mengungkapkan Penyakit Hipertensi dan Diabetes merupakan penyakit yang perlu di waspadai.

“Penyakit Hipertensi merupakan penyakit tingkat pertama di dunia sedangkan diabetes melitus merupakan penyakit tingkat ke empat di dunia yang mana merupakan keduanya penyakit silent killer maka dari itu perlu waspada, khususnya pada lansia mengenai pengetahuan atau edukasi mengenai penyakit ini” ujarnya.

Pembagian sembako kepada warga, Sabtu 01 Mei 2021

 

“Saya bersama dengan Alm. Dr. Anjar Nugroho, M.Si., mendirikan PSDK ini bertujuan untuk implementasi teologi Surah Al-Maun dalam kehidupan bermasyarakat dengan cara membuat masyarakat lebih mandiri dan kreatif. PSDK adalah tempat komunitas yang kegiatannya sangat padat di isi dengan berbagai kegiatan yang bernilai positif” ungkap Bayu Kurniawan selaku Ketua PSDK UMP, Sabtu (01/05/2021)

Meskipun kegiatan Penyuluhan Kesehatan dilaksanakan di tengah pendemi sekaligus bertepatan dengan bulan suci ramadhan, hal tersebut tidak menyurutkan semangat kader IMM Komisariat Farmasi untuk selalu memberikan kontribusinya kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini