Prestasi Mahasiswa
Mahasiswa Farmasi UMP Menjadi SEKJEND ISMAFARSI Periode 2022-2024
Kamis 13 Oktober 2022      Prestasi Mahasiswa
Mahasiswa Farmasi UMP Menjadi SEKJEND ISMAFARSI Periode 2022-2024

Mahasiswa Farmasi UMP Menjadi SEKJEND ISMAFARSI Periode 2022-2024

Menjadi mahasiswa adalah suatu anugerah dari Tuhan yang perlu disyukuri. Bentuk syukur itu harus pula diseimbangkan dengan segala bentuk usaha. Sejarah telah membuktikan bahwa mahasiswa sebagai representasi kaum intelektual bangsa telah memberikan sumbangsih yang besar bagi negara.

Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai perihal akademik, tapi juga dituntut untuk dapat mengimplementasikan ilmunya agar berguna bagi masyarakat. Begitulah prinsip yang dipegang teguh oleh Muhammad Hildan Maulana, mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  yang telah resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Periode 2022-2024. Acara pelantikan dilaksanakansecara langsung pada sidang Musyawarah Nasional (MUNAS) ISMAFARSI XIX yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utarapada hari Mingu, 31 Juli 2022 lalu.

ISMAFARSI merupakan organisasi yang menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa farmasi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi farmasi di Indonesia. Organisasi yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1955 memilikitujuan untuk mewujudkan pribadi mahasiswa farmasi dan lembaga eksekutif mahasiswa farmasi yang bertanggung jawab, sadar, dan mampu menjunjung tinggi norma dan etika profesi farmasi. ISMAFARSI merupakan organisasi intra perguruan tinggi yang berbasis pada keprofesian dan berorientasi keilmuan (SK DIKTI No. 974/D5.2/T/2007 dan SK). Menurut Hildan, melalui ISMAFARSI, seluruh mahasiswa farmasi di Indonesia dapat menghimpun kekuatan bersama guna memberikan kontribusi, perjuangan dan pengabdian menuju peradaban kefarmasian yang lebih baik.

Dalam prosesnya, PPSBPI (Panitia Pemilihan Sekjen Badan Pengawas ISMAFARSI) mengajukan dua kandidat sebagai  Calon Sekertaris Jendral ISMAFARSI. Muhammad Hildan Maulana sebagai salah satu kandidat yang diajukan. Setalah dilaksanakan musyawarah diputuskan Hildan sebagai Sekertaris Jendral ISMAFARSI untuk periode 2022-2024. Dalam menjalankan amanahnya, Hildan memiliki visi yakni : Menciptakan Kolaborasi Dalam Dedikasi Untuk ISMAFARSI yang Dinamis”. Dan misi: Mempererat komunikasi koordinasi aktif dengan LEM anggota ISMAFARSI, Memperkuat kolaborasi aktif dengan stake holder dan organisasi sejawat atau profesi, dan Menciptakan sistematisasi kaderisasi yang efektif dan adaptif untuk mewujudkan visinya tersebut.

“Untuk menyongsong suatu perubahan pastinya memerlukan suatu gerakan dan gebrakan untuk mencapai suatu keterbaikan bagi bangsa, melalui ISMAFARSI saya mengusung beberapa aspek yakni pergerakan, pengabdian, pengkaderan, dan kolaborasi. Yang dimana saya rasa aspek-aspek tersebut menjadikan arah bagi jalannya organisasi ISMAFARSI untuk periode kedepan.” Ucapnya Hildan saat diwawancarai.

Menurut Hildan, melalui ISMAFARSI, seluruh mahasiswa farmasi di Indonesia dapat menghimpun kekuatan bersama guna memberikan kontribusi, perjuangan dan pengabdian menuju peradaban kefarmasian yang lebih baik.

Hildan meyakini bahwa apa yang ia capai pada saat ini tidak terlepas dari dukungan orang-orang di sekitarnya.  Ia bersyukur memiliki keluarga yang terus mengirimkan doa, teman-teman yang selalu setia menerima segala cerita, teman-teman yang selalu dengan ikhlas membantu untuk bisa memahami substansi-substansi perkuliahan, dan memiliki banyak senior serta kakak tingkat yang selalu memberi saran dan pandangan. Itulah yang menjadi kekuatan terbesarnya saat ini.

ISMAFARSI menjadi wadah bagi seluruh Pemuda Farmasi Indonesia, yang dimana seseorang pemuda harus memiliki semangat yang bergejolak tinggi untuk menciptakan suatu perubahan dan untuk mencapai keterbaikan bagi bangsa Indonesia. “Salam Bergelora, Salam Perubahan untuk ISMAFARSI yang Bergelora” pungkasnya.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini