Prestasi Mahasiswa
Mahasiswa Fakultas Farmasi Menjadi Wisudawan Terbaik Ke-1 Non Akademik
Selasa 30 Maret 2021      Prestasi Mahasiswa
Mahasiswa Fakultas Farmasi Menjadi Wisudawan Terbaik Ke-1 Non Akademik

Mahasiswa fakultas farmasi menjadi wisudawan terbaik ke-1 non akademik dalam wisuda UMP ke-66, pada hari Sabtu, 6 Maret 2021. Mahasiswa tersebut adalah Hilman Taofik Hidayah, mahasiswa angkatan 2017 dari program studi Sarjana Farmasi (S1) yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Farmasi UMP selama 3.5 tahun. Penghargaan wisudawan terbaik non akademik atau wisudawan berprestasi ini diberikan oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UMP setiap tahunnya dalam acara perayaan wisuda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kriteria penerima penghargaan tersebut dilihat melalui nilai IPK, keaktifan kegiatan internal kampus selama menjadi mahasiswa, keaktifan kegiatan eksternal kampus selama menjadi mahasiswa, dan prestasi mahasiswa baik di tingkat kampus, regional, nasional, maupun internasional. Semua kriteria tersebut dinilai dan diseleksi oleh pihak IKA UMP.

                                                                  

Fakultas Farmasi UMP selalu mendukung semua kegiatan mahasiswa baik dalam bidang akademik dan non akademik seperti perlombaan ilmiah tingkat nasional, kegiatan conference dan training tingkat internasional, maupun kegiatan lain yang dapat mendukung mahasiswa fakultas farmasi UMP dapat berprestasi baik dalam akademik dan non akademik. Adapun prestasi dari mahasiswa atas nama Hilman Taofik Hidayah ini yaitu menjuarai beberapa perlombaan karya tulis ilmiah tingkat nasional, seperti Juara 1 National Essay Competition (NEC) 2019, Juara 1 Distilation National Essay Competition 2019, Juara 2 UNDIKSHA National Scientific Essay Competition 2020, Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Lentera 2019, dan juara lainnya. Selain dalam perlombaan penulisan karya tulis ilmiah, terdapat pula beberapa pretasi lain yaitu Juara 1 National Patient Counseling Event Pharmacy Festival 2020, Juara 2 National Patient Counseling Event GEMFAR (Gebyar Mahasiswa Farmasi Indonesia) 2019, Juara 3 National Health Poster Competition GEMFAR 2019, Semifinalist Top 15 Online Patient Counseling Event IPSF Asia Pacific Regional Office 2020, dan juara lainnya. Selain prestasi dalam bidang keilmiahan, ia juga memiliki prestasi dalam bidang seni dan pengabdian yaitu sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) di tingkat kampus UMP, Kabupaten Banyumas, dan mencapai Top 5 Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah tahun 2019.

 

Kriteria selain pretasi yang dinilai oleh IKA UMP yaitu keaktifan mahasiswa baik di internal maupun eksternal kampus. Mahasiswa memang baiknya tidak hanya mengikuti perkuliahan akademik di kampus saja namun perlu juga mengasah softskill dan hardskill dalam kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat, terlebih dalam era menuju Society 5.0. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilakukan oleh peraih wisudawan berprestasi saudara Hilman Taofik Hidayah ini yaitu menjadi delegasi Indonesia dalam Botanical Drugs R&D Human Resources Training Camp Taiwan 2020, menjadi regular delegate dari Indonesia mewakili ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia) dalam The 18th IPSF APRO Asia Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) 2019, menjadi delegasi BEM Fakultas Farmasi UMP dalam beberapa kegiatan ISMAFARSI yaitu RAKERNAS XIV 2019, MUSWIL 2020, dan pelatihan kepemimpinan tingkat wilayah Joglosepur yaitu Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) 2018. Organisasi kemahasiswaan yang ia ikuti yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi UMP selama 3 periode 2017-2020, Patient Counseling Community Fakultas Farmasi UMP 2018-2019, UKM PIK-Ma Youth Center (Students Information and Counseling Center) 2019-2020, Forum GenRe Banyumas 2019-2020, dan Indonesian Pharmaceutical Students Journal (BIMFI) 2018-2020. Dari beberapa poin diatas, Hilman telah meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2020.

 

Hilman berpendapat bahwa selama memiliki status sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa sarjana yang akan berkuliah selama ±4 tahun, seorang mahasiswa harus mengoptimalkan kesempatan yang ada, mengembangkan diri, menekuni passion dan juga tidak lupa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sangat disayangkan sekali jika selama masa perkuliahan hanya dihabiskan di kelas dan laboratorium saja, diluar sana sangat banyak sekali platform maupun ilmu baru yang layak untuk di-explore. Hal tersebut tentunya dapat menambah value diri kita dan juga menginvestasikan pengalaman untuk terjun dalam dunia pekerjaan nantinya. Hilman juga menyampaikan pesan “Untuk seluruh adik-adik mahasiwa UMP khususnya mahasiswa fakultas farmasi UMP, teruslah berjuang mengejar semua mimpi dan target adik-adik semua selama masa perkuliahan, optimalkan semua kesempatan yang ada, lakukan yang terbaik dan selalu mengevaluasi diri. Jangan pernah merasa putus asa, merasa tidak layak atau kurang percaya diri, yakinlah bahwa adik-adik semua memiliki warna masing-masing, memiliki kepabilitas masing-masing sehingga jadilah yang terbaik! Dan untuk teman-teman wisudawan UMP ke-66, selamat menempuh hidup baru, membuka lembaran perjalanan baru, semoga kedepannya dapat menjadi alumni UMP yang sukses dan berkualitas. Khusus untuk teman-teman wisudawan farmasi UMP, selamat menempuh studi lanjut profesi apoteker, semangat, semoga lancar dan bisa melakukan sumpah apoteker tahun 2022 nanti. Aamiin.”

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

Farmasi Terkini