3 kegiatan ini membuat UMP menjadi kampus Islami di Purwokerto

14 May 2018 by Berita Farmasi 442 Views

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di Jawa Tengah bagian Barat memiliki andil dalam membangun peradaban yang Unggul, Modern, dan Islami. Menilik kampus UMP yang Islami, beberapa kegiatan Islamisasi kampus selalu diselenggarakan. Seperti halnya kegiatan shalat lima waktu berjamaah di Masjid KH. A. Dahlan, Silaturahim dan Pengajian Rutin Bulanan Karyawan dan Dosen, dan Bimbingan Baca Alquran.

Shalat Lima Waktu Berjamaah

Salah satu fasilitas publik yang harus ada di sebuah tempat yakni Masjid. Di UMP Terdapat masjid sebagai pusat beribadah. Tepatnya masjid KH. A., Dahlan. Dalam keseharian, seluruh civitas akademik UMP dianjurkan untuk melaksanakan shalat lima berjamaah di Masjid KH.A Dahlan. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor 4 Bidang Pengembangan Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) UMP Dr., Jebul Suroso, S.Kep NS., M.Kep.,  mengatakan bahwa kegiatan shalat berjamaah di Masjid sebagai upaya UMP untuk merawat kebiasaan sebagai kampus yang Islami.

“Kami membudayakan shalat berjamaah di Masjid sebagai upaya kami dalam merawat Kampus yang Islami. Pada saat waktu shalat seluruh aktivitas di kampus kami anjurkan untuk dihentikan sejenak dan kemudian menjalankan shalat berjamaah di Masjid,” ungkap Wakil Rektor 4.

Pengajian Rutin

Kegiatan yang mencerminkan UMP sebagai kampus yang Islami yatu dengan diselenggarakannya pengajian rutin bulanan setiap minggu kedua di hari Sabtu. Kegiatan pengajian rutin yang diinisiasi oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMP. Salah satu pengajian yang rutin dilakukan adalah Silaturahim dan Pengajian Rutin Bulanan Karyawan. Pengajian tersebut ditujukan kepada Karyawan dan Dosen di UMP. Selain untuk menambah wawasan agama Islam kegiatan ini juga sebagai kegiatan silaturahmi untuk merekatkan kebersamaan civitas akademik UMP.

Berkaitan dengan konten yang disampaikan saat pengajian. Pihak LPPI memberikan tema yang berbeda setiap bulannya. Seperti pada kesempatan 13 Januari 2018 pihak LPPI mengangkat tema “Perang Aqidah: Akar Problematika Ummat Masa Kini" oleh Buya H. Muhammad Alfis Chaniago.

Bimbingan Baca Alquran

UMP bukan hanya sebagai lembaga pendidikan tinggi juga menyiapkan civitas akademiknya untuk mahir dalam membaca alquran. Hal tersebut disiapkan dengan kegiatan Bimbingan Baca Tulis Alquran . Setiap mahasiswa, dosen, dan karyawan diberikan jadwal untuk melalukan bimbingan guna mengukur keahlian dalam membaca alquran. Teknisnya seluruh civitas akademik UMP akan mendapatkan jadwal bimbingan dari LPPI UMP. Kelompok bimbingan pun disesuaikan dengan kemahiran yang telah dimiliki, supaya parameter untuk memberikan bimbangan dapat tercapai.

Selain ketiga kegiatan tersebut, kampus UMP juga masih memiliki berbagai kegiatan untuk tetap merawat kampus yang Islami. Jadi, tunggu apalagi untuk datang dan bergabung di UMP yang tidak hanya unggul dan modern saja. Melainkan selalu mengupayakan kegiatan-kegiatan yang mendukung kehidupan yang Islami. (sls)
Rate this item
(0 votes)