Mahasiswa Peneliti Farmasi UMP Ciptakan Obat dari Limbah Kulit Semangka

16 July 2018 by Berita Farmasi 660 Views

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki iklim tropis sehingga masyarakat harus siap menerima konsekuensi terhadap masalah jerawat. Hal ini terjadi karena pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat sehingga kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif dan menghasilkan minyak berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat. Dasar inilah yang mendorong tim mahasiswa peneliti Fakultas Farmasi UMP untuk mengatasi salah satu permasalahan masyarakat Indonesia tersebut. 

Salah satu tanaman yang mudah tumbuh dan subur di Indonesia adalah buah semangka. Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki kulit yang cukup tebal, sehingga limbah yang dihasilkan dari kulit buah ini akan cukup mengganggu dan dapat menjadi masalah dalam jumlah besar. Tim penelti mahasiswa farmasi UMP melakukan peneltiian terhadap kandungan kulit buah semangka agar limbah tersebut dapat dimanfaatkan. Semangka (C. lanatus) merupakan buah yang dapat tumbuh disegala musim, sehingga mudah di dapat dan harganya murah.

Setelah proses panjang penelitian kandungan kulit buah semangka ternyata memiliki senyawa aktif sebagai antibakteri yaitu terpenoid. Terpenoid mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Likopen ini diklaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan. Setelah melihat permasalahan yang ada, maka kami dari TIM PKM-PE Fakultas Farmasi yang diketuai oleh Yola Anggraeni bersama timnya Tika Ambarwati dan Irmas Miranti yang dibimbing oleh Ibu Erza Genatrika, M.Sc., Apt berinisiatif membuat gel dari kulit buah semangka yang bernama "CITRULA GEL DARI LIMBAH KULIT BUAH SEMANGKA (Citrullus lanatus) SEBAGAI ANTIJERAWAT (Acne vulgaris)”. Penelitian ini berhasil lolos dalam seleksi di Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi RI akhir 2017. Sampai saat ini peneltian berlanjut pada tahap produksi masal obat jerawat berbahan dasar limbah kulit semangka. Dengan hadirnya "CITRULA GEL" maka kita telah memanfaatkan dan  mengurangi limbah kulit buah semangka yang ada dilingkungan Masyarakat.
Rate this item
(0 votes)