Peringatan Hari Raya Qurban 1439 H oleh Mahasiswa Farmasi UMP

04 September 2018 by Berita Farmasi 317 Views

Alhamdulillah telah dilaksanakannya acara Peringatan Hari Raya Qurban 1439 H dengan tema "KURMA AJWA (Kurban Mahasiswa Ajak Warga)" yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi pada tanggal 21-22 Agustus 2018 di Desa Candinata, RT 23/RW 12, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga yang dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai selesai dengan baik dan lancar.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Eka Muliana selaku Ketua Panitia kemudian sambutan selanjutnya oleh Bapak Masikin selaku Kepala Desa Candinata. Acara inti kegiatan yaitu buka puasa arafah bersama panitia, Kajian Ba'da Ashar diisi oleh Ust. Bayu Dwi Cahyono, M.Pd.I dan penyembelihan hewan qurban oleh Bapak Rokhidi. Acara peringatan hari raya qurban ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar mahasiswa UMP dengan warga dan menunaikan sunnah Rasul dimana setelah dilakukannya acara ini diharapkan adanya pemerataan pendistribusian hewan qurban, mengurangi kesenjangan sosial, menciptakan solidaritas antar warga desa dan memberikan pemahaman bahwa pentingnya berqurban bagi orang yang mampu.

Qurban memang diwajibkan bagi orang yang mampu. Namun masih terlihat banyak sekali terutama di daerah tersebut warga yang mampu dan sebagai peternak hewan seperti kambing dan sapi tetapi tidak ada ketersediaan warga untuk berqurban. Berqurban memiliki makna yang dalam untuk mengajarkan setiap umat untuk rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketauhidan hanya kepada Allah. Sama halnya seperti manfaat zakat dan ibadah lainnya, ibadah qurban memiliki manfaat bagi kehidupan personal maupun bagi lingkungan sosial. Acara ini selesai pada tanggal 22 Agustus pukul 14.00 WIB. Dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan panitia kepada warga sekitar. 
Rate this item
(0 votes)