Ciptakan Pasta Gigi Lendir Bekicot Terobosan Baru Pencegahan Karies Gigi

02 July 2019 by Berita Farmasi 355 Views
  


Ciptakan Pasta Gigi Lendir Bekicot Terobosan Baru Pencegahan Karies Gigi
                                                 
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki prevalensi tinggi terhadap karies gigi. Salah satu penyebabnya adalah bakteri Streptococcus mutans. Karies gigi merupakan penyakit jaringan keras gigi yang masih banyak ditemukan di Indonesia pada usia anak-anak ataupun usia dewasa dengan prevalensi berkisar antara 85-99%, sehingga perlu dilakukan pencegahan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans penyebab karies gigi. Dasar inilah yang mendorong inisiatif tim mahasiswa peneliti Fakultas Farmasi UMP sebagai langkah solutif mengatasi salah satu permasalahan masyarakat Indonesia tersebut.

Salah satu hama tanaman yang sering dibuang karena dianggap meresahkan masyarakat, bekicot merupakan hewan yang cukup rakus memakan tanaman. Bekicot (Achatina fulica) merupakan hewan bertubuh lunak (Molusca) yang tidak memiliki tulang belakang. Tim peneliti mahasiswa farmasi UMP melakukan peneltian terhadap kandungan lendir bekicot agar hama tanaman tersebut dapat dimanfaatkan. 

Melakukan rangkaian proses panjang penelitian kandungan lendir bekicot, ternyata memiliki senyawa aktif sebagai antikaries gigi yaitu protein achasin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Ikatan antara protein achasin dan protein enzim pada membran bakteri dapat dijadikan dasar pembuatan bahan baku untuk terapi pada infeksi karies gigi. Protein yang berpotensi menghambat bakteri gram positif dan gram negatif adalah glikopotein memiliki zona hambat sebesar 17,5 mm. Oleh karena itu, TIM PKM-PE Fakultas Farmasi UMP yang diketuai oleh Nofita Fitri Kurniasih bersama Rahma Fauzia Madaningrum dan Nurvidian Khasanah yang dibimbing oleh Ibu Erza Genatrika, M.Sc., Apt melakukan penelitian terhadap lendir bekicot (Achatina fulica) untuk memberikan solusi alternatif terhadap penyebab karies gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans dalam bentuk sediaan pasta gigi gel (gel toothpaste) yang bernama “Gelecot Toothpaste”.
Penelitian ini telah berhasil lolos dalam seleksi di Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi RI pada akhir 2018. Sampai saat ini penelitian berlanjut pada tahap produksi masal pasta gigi gel yang berbahan dasar lendir bekicot. Dengan hadirnya "Gelecot Toothpaste" sebagai terobosan baru pencegahan karies gigi maka kita telah memanfaatkan dan  mengurangi hama tananaman yang selama ini meresahkan lingkungan masyarakat.
 
Rate this item
(1 Vote)