Bimbingan akademik oleh dosen pembimbing akademik

a. Bentuk kegiatan
Pembimbingan akademik reguler oleh pembimbing akademik

b. Pelaksanaan
Pembimbingan akademik reguler oleh pembimbing akademik dilakukan secara intensif melalui pengisisan rencana pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, dan peminatan berdasarkan pada ketentuan panduan pembimbing akademik SK Rektor No.A11.II/383-Skep/UMP/X/2015. Setiap mahasiswa mendapatkan seorang Dosen Pembimbing Akademik. Mahasiswa wajib bertemu dengan Pembimbing Akademik minimal 3 kali dalam satu semester, yaitu pada setiap awal, pertengahan, dan akhir semester, selain pertemuan pada jadwal tersebut, mahasiswa juga bisa menemui Pembimbing Akademik sewaktu-waktu (insidentil) sesuai kebutuhan. Dosen Pembimbing Akademik di PSSF UMP adalah dosen tetap Fakultas Farmasi UMP yang ditetapkan berdasarkan SK Dekan Fakultas Farmasi setiap semester.

c. Hasil
Tersedianya panduan akademik dalam pengambilan mata kuliah  pada semester berikutnya dan mahasiswa juga diberikan pertimbangan mengenai mata kuliah yang diambil berdasarkan Indeks Prestasi Semester (IPS). Penentuan jumlah mata kuliah berdasarkan IPS yang diadapatkan mahasiswa. PSSF UMP menetapkan IPS < 3.00 maka mahasiswa hanya dapat mengambil maksimal 20 SKS dan IPS > 3.00 maka mahasiswa dapat mengambil 24 SKS. Hasil selanjutnya adalah masa studi yang semakin pendek dari tahun ke tahun. Tercatat masa studi PSSF UMP TA 2016/2017 adalah 4.4 tahun, turun dari sebelumnya TA 2015/2016 yaitu 4.5 tahun.
 

Bimbingan skripsi oleh dosen pembimbing skripsi

a. Bentuk kegiatan
Pembimbingan skripsi oleh dosen pembimbing skripsi yang sesuai dengan tema skripsi

b. Pelaksanaan
Proses penyelesaian tugas akhir/skripsi yang meliputi pemilihan tema, penyusunan proposal, pelaksanaan penelitian, penyusunan laporan penelitian/draft skripsi, seminar hasil serta penyusunan artikel ilmiah. Mahasiswa diberikan logbook dan lembar bimbingan skripsi. Logbook dan lembar bimbingan tersebut diisi oleh mahasiswa setiap kali melakukan bimbingan dengan paraf dosen pembimbing skripsi. Adanya logbook dan lembar bimbingan tersebut diharapkan dapat memantau perkembangan penyelesaian skripsi mahasiswa sehingga jika terdapat kesulitan dan kendala dapat ditelusuri serta dicari solusinya. Dosen Pembimbing Skripsi di PSSF UMP adalah dosen tetap Fakultas Farmasi UMP yang ditetapkan berdasarkan SK Dekan Fakultas Farmasi setiap semesternya.
 
c. Hasil
Kegiatan ini menghasilkan hubungan timbal balik yang baik antara dosen pembimbing skripsi dan mahasiswa. Dosen dapat memberikan ide penelitian sesuai dengan roadmap penelitian PSSF UMP dan mahasiswa dapat belajar menyusun penulisan ilmiah dengan baik. Kegiatan ini juga menghasilkan pedoman skripsi bagi mahasiswa PSSF UMP berdasarkan SK Rektor No. A12.II/127-S.Kep/UMP/III/2018. Surat keputusan ini sudah diperbaharui mengikuti perkembangan yang ada. Sebelumnya panduan tata laksana dan tata tulis tugas akhir UMP berdasarkan SK Rektor No. A12.II/375-S.Kep/UMP/X/2015. Hasil pembimbingan ini juga berupa publikasi karya ilmiah mahasiswa berdasarkan pada SK Rektor No. A12.III/239-S.Kep/UMP/VII/2012 tentang kewajiban publikasi karya ilmiah bagi mahasiswa.
 

Konseling oleh Student Advisory Center (SAC)

a. bentuk kegiatan
Pembimbingan dan konseling juga dilakukan oleh Student Advisory Center (SAC) dan Pusat Konsultasi Psikologi

b. pelaksanaan
Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi seluruh mahasiswa dalam bentuk SAC dan Pusat konsultasi Psikologi. Pembimbingan dan konseling oleh Student Advisory Center dan Pusat konsultasi Psikologi bagi mahasiswa yang memerlukan bimbingan khusus yang dilakukan berdasarkan kebutuhan penyelesaian kasus khusus misalnya penyalahgunaan obat terlarang. SAC memberikan juga layanan dalam bidang akademik secara umum sedangkan pusat konsultasi psikologi memberikan layanan dalam bidang pendidikan secara umum, konsultasi pribadi dan keluarga, serta pelatihan pengembangan personel dan organisasi. Konseling personal oleh SAC dapat dilakukan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat sedangkan konseling kelompok, jadwalnya bersifat tentatif. Beberapa mahasiswa mengikuti pelatihan motivasi belajar yang diadakan SAC seperti adversity training. Pusat-Pusat tersebut bekerja secara komprehensif dalam menagani masalah-masalah yang dialami mahasiswa.

c. hasil
Dengan adanya fasilitas bimbingan SAC dan Pusat Konsultasi Psikologi sehingga dapat mengarahkan rencana akademiknya agar dapat lulus tepat waktu. Pada 3 tahun terakhir (2013/2014 s.d. 2015/2016) rata-rata persentase lulusan tepat waktu sebesar 61.42 %. Mahasiswa juga mengalami peningkatan dalam motivasi belajarnya yang diwujudkan dalam peningkatan kehadiran, peningkatan tanggung jawab untuk mengumpulkan tugas tepat waktu dan peningkatan IPK serta masa studi PSSF UMP TA 2016/2017 adalah 4.4 tahun, lebih cepat dari sebelumnya TA 2015/2016 yaitu 4.5 tahun.