Bentuk Kegiatan
Pembinaan soft skills kepada mahasiswa (Program Sarjana) dimulai sejak mahasiswa masuk kuliah

Pelaksanaan 
  1. Pembinaan soft skill didasarkan pada keputusan rektor No.A12.VIII/193-S-Kep/UMP/VII/2011 tentang ketentuan training bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
  2. Mentoring oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) (seminggu sekali, semua mahasiswa baru semester 1 dan 2)
  3. Training BEST (semester 1)
  4. Training SMART (semester 2)
  5. Training Success (2 kali dalam 1 tahun untuk calon wisudawan)

Dalam training soft skill tersebut mahasiswa akan belajar mengenai :
Softskill memahami diri sendiri. Sebagai mahasiswa penting sekali untuk dapat memahami diri sendiri. Hal ini agar ketika berproses di Prodi masing-masing dapat memaksimalkan kemampuan sesuai dengan passion masing-masing. 

Softskill memahami orang lain. Selain kemampuan memahami diri sendiri. Penting sekali untuk dapat memahami orang lain sama hal nya proses dengan menghargai orang lain. Dapat memahami orang lain merupakan softskill yang berguna bagi mahasiswa untuk bersosialisasi.
Softskill bekerjasama.  Kemampuan ini juga akan mempermudah dalam kehidupan  mahasiswa. Tugas dalam kelompok yang diberikan dosen adalah contoh kecilnya, dengan softskill ini
Softskill Cepat dan tanggap di sebuah peristiwa. Mahasiswa sebagai agent of change and agent of control sangat diperlukan kemampuan cepat tanggap dalam sebuah peristiwa. Hal ini supaya mahasiswa dapat menayalurkan aspirasinya sebagai problem solver di masyarakat.

Hasil
Hasil dari pembinaan ini adalah munculnya kepercayaan diri dan kesiapan mental mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya serta kesiapan mental mahasiswa saat mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Kepercayaan diri mahasiswa juga tercermin pada kegiatan yang dilaksanakan seminar nasional secara periodik yaitu seminar nasional oleh BEM dan IMM masing-masing sebanyak 1 (satu) kali/tahun dan 2 kali seminar internasional di Fakultas Farmasi UMP pada tahun 2015 dan 2017 (UMP-PIC). Seminar internasional tersebut melibatkan mahasiswa dalam susunan kepanitiaannya. Hasil soft skill ini juga berkaitan dengan hasil tracer studi pengguna alumni pada aspek kerjasama. Lebih dari setengah pengguna alumni PSSF UMP menilai kemampuan kerjasama alumni pada kategori sangat baik.